Sapa temen bakal tinemu, sapa salah bakal seleh

Sapa temen (siapa bersungguh-sungguh), bakal tinemu (akan ketemu), sapa salah (siapa salah), bakal seleh (akan menyerah). Sebaris ungkapan ini merupakan peringatan bahwa setiap kerja keras yang baik akan memperoleh hasil sepadan. Sementara itu, apabila berbuat salah, bagaimanapun juga akan ketahuan dan memperoleh hukuman setimpal.

Sapa temen bakal tinemu benar-benar menyerupai “obat kuat” dalam mengejar cita-cita hidup. Syaratnya, terus berdoa kepada Allah SWT , bersungguh-sungguh menekuni pekerjaan dan berpikir serta berperilaku positif. Sebab, mungkin saja cita-cita itu lama tidak kesampaian, tetapi dia akan memperoleh manfaat lain yang setara dengan keinginannya. Misalnya, seseorang ingin mempunyai rumah, sehingga ia kemudian menabung. Tetapi, karena harga material rumah terus idamannya belum terwujud. Dalam kasus ini, meskipun rumah belum punya, tetapi diam-diam dirinya jadi punya sifat yang baik. Seperti, sifat sabar, gemar menabung, tidak mudah patah semangat, dan sebagainya.

Sapa salah bakal seleh lebih merupakan nasihat, agar jangan mudah melakukan kesalahan. Sebab, berbuat salah merupakan larangan Tuhan. Disembunyikan serapi apa pun, kalai sudah waktunya, kesalahan itu akan terungkap.
SHARE

Bocah Jawa

Hanya seorang bocah yang ingin menguri-uri budaya jawa yang mulai terkikis

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar